Jumat, 17 April 2009

Menulis Itu Mudah

Banyak orang bilang bahwa menulis itu sulit. Apalagi bagi siswa sekolah. Ketika ada tugas menulis, mereka akan berteriak "Ah...tidak!!" kepada gurunya. Kenapa itu terjadi? Padahal sebenarnya menulis itu mudah. Belum-belum mereka sudah stress dengan tugas menulis. Dimungkinkan ini terjadi akibat sugesti yang berlebihan pada pikiran mereka. Bayangkan, belum dicoba mereka sudah mneyerah duluan.

Sebelum berlanjut ke bagaimana cara agar menulis itu menjadi mudah, kita akan bahas terlebih dahulu apa sih pengertian menulis itu??

Menulis adalah salah satu kegiatan menyampaikan pesan atau ide lewat sebuah tulisan. Sungguh sederhana pengertian ini. Aktivitas menulis merupakan keterampilan terakhir yang dapat dilakukan oleh manusia setelah keterampilan menyimak, berbicara, dan membaca. Keterampilan menulis menjadi keterampilan paling sulit dibanding dengan keterampilan berbahasa yang lain karena ketika menulis, seseorang juga harus memerhatikan ejaan dan isi tulisan itu. Isi tulisan itu harus saling berkaitan satu sama lain sehingga terjalin satu kesatuan makna yang padu.

Tapi, jangan khawatir. Menulis itu dapat menjadi mudah jika kita hapus sugesti "sulit" yang ada pada pikiran kita. Mulailah dengan optimis. Apa yang ingin kamu tulis, tulislah! Jangan takut salah! karean kita tahu, tanpa kesalahan kebenaran itu tidak ada. Berawal dari kesalahan kita akan mengetahui mana yang benar. Oleh karena itu, jangan takut salah.

Awalnya, pikirkan apa yang ingin kamu tulis. Pilih topik yang menurutmu paling menarik untuk kamu tulis. Selanjutnya, buatlah ide-ide yang ada dalam pikiranmu. Keluarkan semua idemu, jangan takut salah. Kenapa kamu harus takut salah? Padahal tulisan itu masih ada di tanganmu dan belum terbaca orang lain? Ya, kan?? Jadi, apa yang ada di pikiranmu, tulislah dan kembangkanlah.

Setelah tulisanmu jadi, baca kembali dan buanglah kalimat-kalimat yang sekiranya salah atau tidak ingin kamu publikasikan. Masalah ejaan atau tanda baca jangan dihiraukan dulu. Yang penting kamu bisa menulis. Tapi, jika ingin tulisanmu sempurna, belajarlah tentang ejaan dan tanda baca. Kemudian suntinglah tulisanmu sendiri. Mudahkan?? Intinya, jangan takut salah. Hilangkan sugesti "takut" dalam pikiranmu, dan lakukanlah!

1 komentar:

  1. Isinya keeeren. Menggugah inspirasi. Lanjutkan terus ya karya-karya yang lain. Agar judul tak jadi sia-sia(kan menulis)...sukses.TERIMA KASIH ilmu blognya. jika ada waktu kunjungi juga blogq di bingkaikalimat.blogspot.com

    BalasHapus